Jumat, 31 Maret 2017

Tugas Individu & Kelompok : Kelompok 3 Mobile Banking Bank BRI Syariah & Bank Mandiri Syariah




Mobile Banking Bank BRI Syariah & Bank Mandiri Syariah

Kelompok 3 :  1. Arsyi Uzni Najiah
                        2. Basya Fitria Janiary
                        3. Fina Rahmaniar
                        4. Rachmadani
                        5. Angga Dwi Ramdhani
Kelas    : 3 KB 10

  1. Prinsip Usability
      Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan system oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan system dapat termanfaatkan secara maksimal. Didalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Problem Solving.
  • Mobile Banking Bank BRI Syariah
·                     Mobile BRIS adalah GPRS dan aplikasi mobile berbasis SMS untuk mengakses BRI Syariah IB Tabungan kapan saja dan di mana saja. Aplikasi mobile ini membantu Anda untuk melakukan transfer dana, isi ulang prabayar, pembayaran tagihan, dan pembayaran sumbangan (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf, Qurban).

·                   Mobile BRIS menggunakan pesan terenkripsi GPRS dan teknologi biner SMS untuk memastikan keamanan pengguna dan kenyamanan. Meskipun itu menggunakan SMS gateway, aplikasi ini berhasil, Anda dapat mengirim pesan terenkripsi dan verifikasi PIN tanpa  menyimpan pada perangkat Anda mengirim item. Jangan khawatir kehilangan transaksi pemberitahuan pesan mobile BRIS,  semua pesan Anda aman disimpan dalam kotak masuk mobile BRIS itu.

      Untuk memulai, Anda harus mendaftar sms BRIS (BRIS SMS Banking) pertama di BRIS ATM atau cabang BRI Syariah.

  • Jika Anda adalah pengguna terdaftar non-keuangan, Anda dapat melakukan transaksi seperti:
  1.  Informasi saldo
  2. Memeriksa riwayat transaksi
  3. Kirim Bill payment
  4. Ubah PIN sms BRIS atau mobile BRIS
  • Jika Anda adalah pengguna terdaftar keuangan, Anda dapat melakukan transaksi non-keuangan dan  transaksi keuangan seperti:
  1. Transfer dana rekening antar bank
  2. Reload Telco dan PLN Prabayar
  3. Pembayaran Telco, Telkom dan PLN
          Untuk memulai, Anda harus mendaftar sms BRIS (BRIS SMS Banking) pertama di BRIS ATM. Untuk menjadi pengguna transaksi keuangan, Anda bisa silahkan datang kecabang BRI Syariah dan mengaktifkan transaksi keuangan atau cabang BRI Syariah.
 
           Untuk menjadi pengguna transaksi keuangan, Anda bisa silahkan dating kecabang BRI Syariah dan mengaktifkan transaksi keuangan. Setelah pastikan  Anda adalah pengguna terdaftar sms BRIS, Anda dapat mendownload aplikasi mobile BRIS terbaru yang tersedia di Android Market secara gratis.

  • Mobile Banking Bank Mandiri Syariah

           BSM Mobile Banking adalah salah satu saluran distribusi yang dimiliki oleh BSM untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah dengan menggunakan teknologi GPRS / EDGE / 3G / BIS dan WIFI melalui smartphone.

a)      Fitur Bank Mandiri Syariah :

1.      Transfer antar rekening di BSM
2.      Transfer real time ke rekening di bank anggota ATM Bersama dan Prima
3.      Transfer uang tunai (transfer ke bukan pemegang rekening)
4.      Pembelianpulsaselulerdan token listrik
5.      Pembayaran tagihan (telepon, listrik, dll), zakat, asuransi, tiket pesawat dan lainnya
6.      Informasi kantor & lokasi ATM
7.      Informasi produk dan promo
8.      Informasi saldo, mutasi
9.      Jadwal sholat dan kalimat inspiratif
10.  Menu akses langsung Call BSM 14040
11.  Menu favorit (penyimpan data transaksi transfer, pembayaran dan pembelian)
12.  Share aktivitas ke social media.
13.  Notifikasi detail transaksi ke email yang didaftarkan

b)      Registrasi Bank Mandiri Syariah :

            1.   Proses Pendaftaran / Registrasi
 
a.        Nasabah datang ke Cabang terdekat
b.    Mengajukan permintaan fasilitas layanan BSM Mobile Banking dan mengisi data pada aplikasi BSM Mobile Banking
c.        Menerimavkertas Mailer yang berisi kode aktivasi
d.        Menanda tangani lembar tanda terima kertas Mailer yang berisikan Kode Aktivasi 

2.    Proses Download 

Aplikasi BSM Mobile Banking dapat didownload melalui:
a.       Untuk ponsel dengan OS BB, BB 10, Android, IOS Blackberry App  World, Google Play Store, App Store dengan keyword‘BSM Mobile Banking’
b.        Untuk ponsel Blackberry dengan OS sebelum BB 10 :
   2)      Blackberry App World dengan keyword‘BSM Mobile Banking’
3)   Untuk ponsel Nokia, Sony Ericson atau ponsel dengan plat form Symbian yang support java: http://mobile.syariahmandiri.co.id

        Pastikan aplikasi BSM Mobile Banking offered by / publisher / by PT Bank Syariah Mandiri
 
            3.  Proses Aktivasi
  • Nasabah menginput no rekening, no HP dan kode aktivasi yang didapat dari cabang pada saat pendaftaran / registrasi. Setelah proses  aktivasi berhasil, Nasabah dapat masuk ke menu utama dan menikmati semua fitur BSM Mobile Banking. 
  • PIN ATM Nasabah diperlukan dalam mengakses BSM Mobile Banking. PIN ATM Nasabah digunakan untuk mengesahkan transaksi. Apabila terjadi 3 (tiga) kali kesalahan dalam  memasukkan PIN di ATM dan atau di BSM Mobile Banking, maka BSM Card dan BSM Mobile Banking akan terblokir.
    2.   Analisis Tugas

             Mobile Banking adalah layanan perbankan yang memanfaatkan fasilitas smartphone. Dewasa kini, pengguna smartphone merupakan mayoritas di Indonesia. Dengan kemajuan teknologi dalam bidang smartphone, aktifitas perbankan dimungkinkan bekerja hanya dengan menggunakansmartphone. Tugas dari mobile banking adalah mempermudah aktifitas perbankan nasabah.

  •  Aktifitas perbankan nasabah yang dapat dilakukan layanan mobile banking adalah aktifitas yang konvensional, yaitu :
  1. Aktifitas Non Finansial : Informasi rekening (saldo, riwayat transaksi, pergantian pin, dll)
  2. Aktifitas Finansial : Transfer, pembayaran (kartu kredit, pln, pam, pendidikan, dll), pembelian (tagihan selular, pulsa, tiket, dll).
  •  Dari tugas yang dilaksanakan oleh mobile banking, maka diperoleh keuntungan diantaranya :
a.      Nasabah bisa melakukan aktifitas perbankan tanpa perlu mengunjungi ATM atau Bank.
b.      Pembayaran Tagihan, Kredit, Pendidikan, dan lain-lain dapat dilakukan dimana saja.
c.       Mereduksi usaha dan biaya untuk melakukan aktifitas perbankan.
d.      Transaksi (Finansial dan Non-Finansial) dapat dilakukan dimana saja.

  •  Disamping keuntungan yang diberikan, mobile banking juga memiliki kekurangan, diantaranya:
  1. Kompatibelitas smartphone  terbatas.
  2. Bergantung pada konektifitas smartphone baik berupa sinyal internet maupun sinyal komunikasi (telpon dan sms).
  3. Terdapat bank-bank tertentu yang tidak menyediakan layanan mobile banking.

                 3. Interface

a.      Mobile Banking Bank BRI Syariah
·        
                 Pada saat user menghidupkan aplikasi, aplikasi akan memunculkan tampilan menu login, yaitu menu yang digunakan oleh user untuk mengakses berbagai fitur yang ada.
  • Setelah login, user akan disajikan tampilan menu utama yang dapat  diakses sesuai dengan kebutuhannya. Menu utama terdiri dari Informasi Rekening, Transfer, Pembayaran, Pengaturan, dan lainnya.
                                  
                   
  • Di dalam menu pembayaran terdiri dari pembayaran untuk listrik, internet, telepon, tv berbayar dan lainnya. Dan pada pengaturan aplikasi terdapat pengaturan konektivitas aplikasi tersebut.


  • Selain pengaturan, terdapat juga Pengaturan / Ubah pin, apabila user  ingin mengganti pin lamanya. Dan Extra Menu untuk konten khusus yang ada pada BRI Syariah.
  •  
                   
  • Syariah sendiri berasal dari agama Islam, dan BRI Syariah menambahkan fitur Jadwal sholat dan Islamic Life Style untuk membantu user terutama yang beragama Islam.



b.      Mobile Banking Bank Mandiri Syariah
  • Sama seperti aplikasi mobile banking yang lain, pada saat user menghidupkan aplikasi, aplikasi akan memunculkan tampilan menu login, yaitu menu yang digunakan oleh user untuk mengakses berbagai fitur yang ada. Setelah login, user akan disajikan tampilan menu utama yang dapat diakses sesuai dengan kebutuhannya. Sama sperti BRI Syariah. 

  • Tampilan pada Mobile Banking mandiri Syariah berwarna Hijau dan emas yang menggambarkan ke Syariahannya. Mobile Banking ini dibuat semudah mungkin di mengerti oleh pengguna. Tidak terlalu rumit dan penuh dengan gambar, namun memiliki warna dan gambar yang mencirikan Bank Syariah pada umumnya.

          4.   Desain Tampilan
a.      Mobile Banking Bank BRI Syaria 
  •      Pada saat aplikasi Mobile Banking diakses, maka yang pertama user lakukan adalah login. Ketika user berhasil login, maka user akan melihat tampilan menu pada aplikasi tersebut. Pada BRI Syariah yang digunakan adalah warna biru dan hijau.  
  •      Warna hijau sendiri biasanya dilambangkan sebagai Syariah atau tampilan khusus untuk bank-bank yang menggunakan syariah islam.  
  •      Warna biru sendiri melambangkan kesejahteraan yang dapat membuat usertertarik dan tidakjenuh pada tampilan aplikasi ini. Menggunakan background biru langitdengan pola-pola abstrak yang menambahkan nilai estetikanyaanking Bank BRI Syariah.

           b.   Mobile Banking Bank Mandiri Syariah

  •     Sama seperti bank syariah lainnya, Pada saat aplikasi Mobile Banking diakses, maka yang pertama user lakukan adalah login. Ketika user berhasil login, maka user akan melihat tampilan menu utama.
  •      Bank Mandiri Syariah memiliki tampilan menu utama yang tidak jauh berbeda dengan bank syariah lainnya. Bank syariah yang identik menggunakan warna hijau sebagai color palettenya. Background yang digunakan bank Mandiri  Syariah ini adalah warna emas yang melambangkan kekayaan dan uang, serta warna hijau sebagai button pada menu utamanya.
  •      Pada menu bar yang ada dibagian bawah, diberi icon yang menandakan menu yang berbeda ketika user menekannya.

           5.   Desain Dialog
  •      Command Language yang digunakan pada mobileBRIS dan BSM Mobile cukup sedikit. Pengetikan diperlukan hanya untuk proses-proses yang memerlukan data, seperti user ID, PIN, nominal transfer, dan sebagainya. Selebihnya memerlukan sentuhan (Tap) pada ikon saja, tidak memerlukan pengetikan. WIMP (Windows, Icon, Menu, dan Pointer), pada tampilan windows atau jendela memakai seluruh luas dari layar, dengan border pada bagian atas yang berfungsi untuk pemberi tahu menu dan  sub menu yang sedang dibuka. 
  •       Ikon yang tidak terlalu besar dan mewakili setiap menu/submenu memudahkan user dalam menggunakan aplikasi tersebut. Setiap ikon menggambarkan setiap fungsinya, dan warna yang sama pada masing masing menu dan sub menu. Disebelah ikon terdapat nama menu tersebut. Ukuran frame pada menu tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk memudahkan pada saat menyentuh/tap pada smartphone.
  •      Pada BSM Mobile terdapat 2 pilihan bahasa yang dapat digunakan, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun bahasa yang muncul  pada saat pertama kali menginstall aplikasi adalah Bahasa Indonesia.
                                                         
                                                             
           6.   Penanganan Kesalahan & Help-Dokumentasi
a.      Mobile Banking Bank BRI Syariah
  • Pada Mobile BRIS tidak terdapat menu untuk penanganan masalah. Yang ada hanya menu untuk menghubungi call center BRIS. 
b.      Mobile Banking Bank Mandiri Syariah

  • Penanganan kesalahan pada BSM Mobile dapat langsung menghubungi Call Center yang tersedia pada menu utama, ketika user klik pada button Contact BSM maka secara otomatis sistem akan menghubungkan user  pada Call Center dan ini dikenakan biaya pemanggilan / pulsa.
                       


  • Pada BSM Mobile dalam hal Help Dokumentasi terdapat 2 menu, yaitu Lokasi kantor cabang & ATM, dan Info Produk. Pada lokasi  kantor cabang & ATM selain menampilkan alamat  user  juga bisa mengakses via Maps, sehingga dapat memudahkan user untuk menemukan tempatnya jika tidak tahu alamat yang tercantum. 

                

                    7.   Sumber
  1. https://www.syariahmandiri.co.id/category/layanan-24-jam/bsm-mobile-banking/
  2. http://www.brisyariah.co.id/?q=mobilebris

0 komentar:

Posting Komentar